Selamat Datang

Saya Ucapkan Selamat Datang DI Blog Saya,
Selamat Mencari Informasi di Blog Saya.

Rabu, 09 Maret 2011

Opini?

Opini ? Apa itu? Salah satu rubrik di Surat Kabar atau…
Tak usah buka kamus, cukup pikirkan sendiri apa itu opini.
Menurut saya opini adalah suatu bentuk apresiasi terhadap segala bentuk yang mampu dicerna oleh pikiran dan hati manusia baik secara utuh maupun secara tidak utuh…absurd? OK, singkatnya opini itu pendapat (meski secara luas, definisi ini tidak cocok tapi tidak apa-apa).
Dalam negara yang menganut demokrasi, rakyat boleh mengeluarkan pendapatnya. Di Indonesia, hal ini diatur dalam UUD, yang pasalnya saya lupa, tetapi yang jelas ada perlindungan terhadap opini yang kita kemukakan.
Perlindungan terhadap opini ini (atau sebut saja pendapat, masukan, dll) membuktikan adanya suatu kekuatan pada opini. Opini dapat memiliki kekuatan untuk merubah sesuatu apabila digunakan secara tepat sasaran. Contoh saja berikan saja opini mengenai RUU APP yang belum jelas kapan akan disahkan, bila para petinggi kita masih punya hati, tentu mereka akan mempertimbangkan apa yang anda bicarakan.
Tetapi opini adalah opini. Tidak ada suatu keharusan untuk mengikuti semua hal yang dikemukakan dalam opini orang-orang. Maka dari itulah opini menjadi hal yang kuat segaligus lemah, kuat karena mampu mengubah sesuatu, lemah karena opini sering “diacuhkan”.
Tapi opini adalah opini, ada yang mau beropini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar