Selamat Datang

Saya Ucapkan Selamat Datang DI Blog Saya,
Selamat Mencari Informasi di Blog Saya.

Senin, 28 Februari 2011

Memperbaiki Komputer Yang Rusak / Layar Blank

Ada beberapa cara memperbaiki komputer yang mati (blank) namun kipas prosesor masih berjalan dengan baik.
biasanya, akibat kerusakan seperti itu di akibatkan :
  1. memory ram yang kotor karena debu (kotoran).
  2. komponen di memory ram ada yang hangus (rusak).
  3. Vga onboard yang rusak (ini bagi yang punya vga yang tertancap di mobo komputer)
  4. power supply yang sudah lemah (rusak) namun kelihatannya baik-baik saja, tetap berjalan.
  5. komponen di mobo (motherboard) sudah lemah, seperti elco (elko mobo), tentang komponen di mobo komputer akan di bahas di post saya yang lainnya(berikutnya).

kalau kipas prosesor tidak berjalan, itu lain cerita bagi saya. biasanya kerusakan seperti itu hanya terjadi pada kipasnya saja, namun terkadang  memang prosesornya yang rusak.

memperbaiki komputer tidaklah mudah bagi kita, tidak semudah membalikkan telapak tangan, hee..
untuk para teknisi komputer, itu sangat mudah, karena punya alat yang lengkap untuk memperbaikinya. untuk bahasan tentang itu, saya akan post di lain waktu. sekarang kita fokus pada layar blank dulu.

memori ram yang kotor terkena debu (kotoran)

untuk memperbaiki komputer yang blank, beberapa cara yang kita lakukan sebelum ke tahap berikutnya adalah mengecek memory ram komputer, kalau kipas prosesor masih berjalan namun layar windows tidak muncul, maka kita cek dulu memory ramnya.
cara memperbaiki ram adalah membersihkannya dengan penghapus pensil, bisa juga dengan penghapus pensil 2B.

gosok pada bagian besi kuning memory ram, kamu pasti lihat bagian besi kuning itu bukan? biasanya kalau kita cabut memory ram dari slotnya (mobo), bagian besi kuning ada di bawah memori ram,lihat gambar.



itu yang kita gosok, kalau saya biasanya menggosok secara horizontal (kesamping) bolak-balik pada posisi terbaring di meja atau tempat keras lainnya, gosok dengan cara biasa saja, lalu masukkan ke slot memorinya lagi, dan test komputermu, jika masih belum mau,coba lagi, namun kali ini menggosoknya lebih kuat, coba lagi.
jika masih tidak mau, coba test memory ram tersebut ke komputer lain, kalau ada pinjam punya teman, jika masih bagus di komputer temanmu, maka bukan rammu yang rusak, tenang jangan putus asa dulu.
tahap selanjutnya...

memancing slot memory ram kamu

untuk memancing memory ram kamu, kamu memerlukan 1 memori ram lagi yang masih bagus (bisa pinjam punya komputer teman) lalu pasangkan ram tersebut ke komputer kamu, jika hasilnya bagus, berarti masalah masih pada memory ram kamu. sekarang lepas memory ram temanmu dan pasang memory ram kamu kembali, atau kalau bisa, jika kamu punya dua slot, gabungkan(pasang)keduanya dulu. lalu setelah beberapa menit, lepas ram temanmu.(biasanya ini berhasil), akan tetapi jika masalahnya sama (blank) pada saat memakai memori ram temanmu, berarti memori ram kamu masih bagus, maka kita akan lanjut ke tahap perbaikan berikunya.

mengganti power supply

stop..!! , jangan beli power supply dan menggantinya. sebelum melakukan itu, kamu harus mencba dulu (meminjam punya teman) sebelum positif power supply kamu yang rusak.
terkadang kalau kita lihat, power supply tetap menyala, jangan tertipu dengan baiknya power supply kamu, saya pernah mengalaminya, saya teknisi (sok hebat), hee..

kenapa saya mengatakan power supply bisa menipu? karena saya tahu, dalam keadaan menyalapun power supply itu bisa saja kekurangan tenaga akibat sesuatu, bisa karena mati lampu, membuat power supply down, bisa juga karena listrik yang naik turun, ada yang lebih hebat lagi, di karenakan alat (komponen) di dalam power supply sudah mulai lemah akibat panas (biasanya ini karena nyalanya komputer seharian) ada juga sebagian komponen dalam power supply terbakar (rusak).

maka dari itu, ada baiknya kita cek dulu power supply kita dengan meminjam power supply milik teman yang masih bagus. kita teskan pada komputer kita, apabila komputer kita sudah mau menyala, maka positif power supply yang rusak, ganti sudah..!! he..
namun apabila hasilnya tetap sama, lanjut ke tahap berikutnya lagi.
pada tahap selanjutnya, akan saya post di bagian ke dua. saya rasa ini sudah kepanjangan, nanti kamu bosan lagi bacanya.


semoga infonya membantu. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar