Selamat Datang

Saya Ucapkan Selamat Datang DI Blog Saya,
Selamat Mencari Informasi di Blog Saya.

Senin, 28 Februari 2011

Cara Deteksi Hardware Sewaktu Instal Driver

Kedengarannya sih cukup gampang, “install driver“. Gampang jika kita punya CD installer driver, tahu merk dan jenis hardware yang akan kita install drivernya, serta tahu cara menginstallnya.
Bagi anda yang akan menginstall driver, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Anda harus tahu hardware apa saja yang harus diinstall dan membutuhkan driver. Caranya adalah dengan Klik kanan My Computer>Properties>Device Manager. Akan muncul window seperti dibawah ini :
 caRa deTekSi haRdwAre wakTu iNstALL dRivEr

Dari sini kita tahu hardware apa saja yang belum terinstall drivernya. Hal itu ditandai dengan “icon tanda tanya” pada other device.
2. Pastikan merk dan tipe hardware yang akan kita install drivernya tadi. Ada dua cara untuk mengetahuinya, yaitu cara manual dan dengan menggunakan software. Cara manual tentu saja dengan melihat langsung hardwarenya, artinya kita harus membuka casing CPU kita. Dalam hal ini, pengalaman dan insting harus diutamakan. Jika kita hanya tahu merk tapi tidak tahu tipenya, sama saja kita tidak menemukan apa-apa. Jadi mungkin lebih efektif menggunakan cara yang kedua. Banyak software gratis (freeware) yang di desain untuk mengetahui merk dan tipe hardware komputer yang belum terinstall tanpa harus membuka casing CPU. Kedengarannya cukup mudah kan? Diantara software tersebut yang sering saya gunakan adalah Unknown Device Identifier, AIDA32, dan Everest Home Ultimate.
Dari ketiga software tersebut yang paling banyak saya gunakan adalah aida. Bukan berarti aida paling bagus atau paling lengkap, mungkin karena aida adalah software pertama yang saya gunakan untuk mendeteksi hardware yang belum diketahui merk dan tipenya.
 caRa deTekSi haRdwAre wakTu iNstALL dRivEr


OK….. setelah semua (unknown hardware) kita temukan merk dan tipenya, barulah kita install satu persatu hardware tersebut. Tentu saja dengan urutan seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu mulai dari chipset, kemudian diteruskan VGA Card, Sound Card, LAN Card. Sebenarnya nggak harus berurutan seperti tersebut diatas, kuncinya terletak pada chipset. Chipset harus kita install dulu sebelum hardware lain. Tujuannya agar tidak ada file yang missing ketika kita install hardware lainnya, sehingga waktu dan tenaga kita gunakan secara efektif
Tips dari saya hanya bertujuan untuk meminimalisir kesalahan saat installing hardware driver. That’s all…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar